Himbauan Waris Untuk Warga Suryodiningratan Terkait Covid-19

 

                Kehebohan sebaran virus corona atau covid-19 belum juga mereda. Beberapa tindakan dilakukan untuk memutus rantai sebaran virus asal Wuhan, Tiongkok ini. Upaya dilakukan tidak hanya dari pihak pemerintah pusat atau daerah saja. Seluruh lapisan masyarakat turut andil dalam usaha mencegah merebaknya sebaran virus corona.

                Tak terkecuali warga Suryodiningratan. Mereka bergotong-royong melakukan tindakan antisipasi virus corona. Mulai dari bersih – bersih lingkungan, penyemprotan disinfektan, hingga menghimpun donasi dari masyarakat sekitar untuk dibagikan pada warga lain yang kurang mampu.

                Drs. Waris Sumarwoto tak tinggal diam. Lurah Suryodiningratan ini membentuk gugus tugas khusus untuk menangani wabah covid-19 bersama Kecamatan Mantrijeron. Ia juga berkoordinasi pada semua Ketua Rukun Warga {RW} untuk melaksanakan prosedur kesehatan. “Antara lain bila ada pendatang dari luar kota, harus lapor pada RW dan menjalani karantina selama 14 hari,” tutur pria berkacamata ini. “Bila pada hari ke-15 ada gejala demam, batuk, dan pilek, segera periksa ke Puskesmas terdekat.”

                Waris menghimbau masyarakat agar menaati himbauan – himbauan resmi dari Pemerintah Kota Yogyakarta. “Bila tidak ada acara yang penting warga harap tetap tinggal di rumah,” kata Waris. Ia juga menghimbau masyarakat untuk menerapkan social distancing dan menghindari kerumunan. “Warga dihimbau untuk tetap jaga kesehatan, menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat {PHBS}, serta sering – sering cuci tangan dengan sabun,” pungkas Waris sambil menyeka keringatnya.