Poktan Ngudi Mulyo Pugeran wakili evaluasi Lumbung Mataraman tingkat DIY

Kelompok Pertanian Perkotaan Ngudi Mulyo Kampung Pugeran Kelurahan Suryodiningratan berhasil terpilih sebagai wakil Kota Yogyakarta dalam monitoring dan evaluasi Lumbung Mataram tingkat DIY tahun 2021.

Monev tersebut dilaksanakan pada Kamis (17/6/2021), dilaksanakan secara sederhana dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Ir. Suyono, menyampaikan bahwa Lumbung Mataram di Pugeran ini dikelola oleh kelompok tani hebat, mampu mengubah tempat pembuangan sampah menjadi kebun sayur dan perikanan yang sangat produktif. 

Tim Penilai Evaluasi dan monitoring diketuai oleh Theo Suprapto, Joglotani dan beranggotakan unsur Dinas Pertanian DIY, Tim Penggerak PKK DIY, Dinas Kesehatan DIY serta unsur akademisi. Dalam penyampaian kesan dan pesan beliau sangat terkesan dan diluar ekspektasi juri, di kota masih ada lahan dan lumbung mataraman yang komplit, mulai dari unsur karbohidrat ( ketela pohong, ubi jalar), protein hewani ( ikan , unggas), protein nabati (aneka sayur), vitamin( aneka buah), serta toga. beliau juga berharap agar lumbung ini bisa berkesinambungan sampai dengan tahun 2024 ( minimal) dan berkembang ke lahan pekarangan masing masing.

Hal serupa juga dikemukakan oleh Lurah Suryodiningratan, Riyan wulandari, SSTP. MIP," Kelurahan menyelenggarakan beberapa kali pelatihan pertanian untuk memanfaatkan lahan pekarangan  dan lele cendol. Kami serius dalam mengupakan ketahanan pangan di wilayah dengan mengoptimalkan dana APBD. Kedepan Lumbung Mataraman Pugeran ini pun akan menjadi sekolah alam.