INTEGRASI PERENCANAAN KEWILAYAHAN DI KELURAHAN SURYODININGRATAN

Kelurahan Suryodiningratan, Kota Jogja - Kegiatan Integrasi Perencanaan Kewilayahan Kelurahan Suryodiningratan telah dilaksanakan hari Sabtu (23/10/2021). Kegiatan ini dibuka oleh Lurah Suryodiningratan Riyan Wulandari, S.STP, M.IP. Pada kesempatan itu Beliau memberikan sambutan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan di wilayahnya untuk menjaring aspirasi warga dalam rangka perencanaan pembangunan wilayah.

Dalam kesempatan itu anggota Komisi A Triyono Hari Kuncoro juga memberikan arahan di Kelurahan Suryodiningratan terkait Integrasi Perencanaan Wilayah.

Arah pembangunan menuju pada satu kesatuan terpadu dari semua aspek,ekonomi,fisik ,sosial budaya ,dst . pembangunan fisik termasuk pemukiman juga harus mengacu pada perda RT RW dan R TDR sehingga bisa tertata dengan baik.

Branding kampung juga menjadi hal yg penting sebab dari situ bisa dikonsep seoerti apa alur yg akan dibuat, ada kampung wisata, budaya, e-kraft dan lainnya yang menjadi titik ungkit pembangunan tersebut. keterlibatan 5 K akan mengambil porsinya masing masing setelah kita melihat konsep dan disain masing-masing titik ungkit , beberapa berbasis RTHP, kerajinan dan lainnya, tentu saja sosialisasi ke warga menjadi tugas penting untuk memahamkan konsep pembangunan terintegrasi tersebut sehingga betul betul temoto, temonjo dan kroso

Harapan masyarakat ,supaya tidak seperti yang sudah sudah pembangunan tidak berkelanjutan ,ada pelatihan tidak ada cara menjual produknya, ada tempat wisata tak ada pengunjungnya, untuk wisata perlu tour leader yang mumpuni memahami kepariwisataan di wilayahnya.