ROADSHOW DAN SOSIALISASI FORUM KEWASPADAAN DINI MASYARAKAT DI KELURAHAN SURYODININGRATAN

Suryodiningratan, Kota Jogja - Kegiatan Roadshow dan Sosialisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta pada hari Senin (5/09/2022) di Kelurahan Suryodiningratan adalah rangkaian kegiatan Badan Kesbangpol yang bertugas melakukan pembinaan kelembagaan FKDM di wilayah. Kegiatan ini juga bertujuan dalam upaya untuk meningkatkan kepekaan, kesiapsiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi potensi dan indikasi ancaman gangguan ketrentaman, ketertiban dan keamanan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan di Kota Yogyakarta.

Acara Roadshow dan sosialisasi FKDM ini dibuka oleh Lurah Suryodiningratan, Riyan Wulandari, dan beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta dimana Kelurahan Suryodiningratan merupakan salah satu wilayah diselenggarakannya roadshow dan sosialisasi FKDM ini. Dalam sambutannya Riyan menyampaikan permasalahan-permasalahan/konflik masyarakat yang ada di wilayahnya dan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh seluruh unsur/elemen tokoh masyakarat dalam menyelesaikan konflik yang timbul di masyarakat.

Dalam kesempatan itu dihadiri pula oleh Ketua Komisi A DPRD Kota Yogyakarta, Wisnu Sabdono Putro, Ketua Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta, Budi Santosa, Ketua FKDM Kota Yogyakarta, Bambang Joni Ismoyo, Lurah Suryodiningratan, Riyan Wulandari dan Pengurus FKDM Kelurahan Suryodiningratan serta pengurus RT /RW dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Wisnu Sabdono Putro menyebutkan Peraturan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial adalah peraturan yang sudah lama dibuat sebagai dasar dalam menangani berbagai permasalahan/konflik sosial. Dijelaskan pula bahwa FKDM merupakan intelnya pemerintah yang bertugas mengawasi kemananan di wilayahnya dari akibat permasalahan/konflik  yang timbul di masyarakat. Permasalahan yang ada di setiap wilayah memang berbeda namun sikap, pro aktif dan tindakan tegas dari FKDM dapat membantu dalam menyelesaikan permasalahan/konflik yang ada di wilayah. Pengembangan kecurigaan yang terukur berdasar data dan fakta yang nyata adalah bentuk sikap dan tindakan dalam mengantisipasi timbulnya konflik sosial. Disamping pencegahan masalah yang timbul seperti intoleransi, gangguan masyarakat, teroris dan lain sebagainya. Dari sini diperlukan deteksi dini dari berbagai permasalahan untuk mencegah terjadinya konflik yang lebih besar.

Narasumber dari Kesbangpol, Budi Santosa menyampaikan pesan bahwa isyu/permasalahan berpotensi dapat menimbulkan konflik/gangguan ketentraman, ketertiban dan keamanan di masyarakat, maka anggota FKDM diharapkan dapat proaktif dan selalu berkoordinasi dengan pihak yang berwenang, sehingga kondusitivitas di Kota Yogyakarta dapat terwujud dan selalu terjaga.

Dalam acara sesi terakhir diadakan diskusi dan tanya jawab, ada beberapa warga yang menyampaikan permasalahan di wilayahnya dan juga keadaan serta kondisi lingkungan masyarakat.

Foto para peserta acara Roadshow dan Sosialisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di Kelurahan Suryodiningratan.

Foto bersama acara Roadshow dan Sosialisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM)