SOSIALISASI PROGRAM PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS

Suryodiningratan, Kota Jogja - Kegiatan Sosialisasi Program Pemberdayaan Penyandang Disabilitas yang diselenggarakan oleh Kelurahan Suryodiningratan pada hari Rabu (19/10/2022) bertujuan untuk mewujudkan kepedulian Pemerintah dalam menangani masalah-masalah sosial dan lebih menghargai, memperjuangkan kesetaraan difabel/disabiliatas dan membebaskan mereka dari segala bentuk diskriminasi struktural dan kultural.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Lurah Suryodiningratan, Riyan Wulandari dan dalam kesempatan itu menghadirkan narasumber Masda Tanjung  dari Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD) Propinsi DI Yogyakarta dan  Ayodya Narutama,S.Psi seorang psikolog yang perduli terhadap kaum disabilitas.

Materi yang disampaikan oleh narasumber, Masda Tanjung mengatakan bahwa sampai saat ini kaum disabiliatas/difabel masih dianggap sebagai “kaum tidak normal”, banyak kebijakan-kebijakan yang dibuat tanpa memperdulikan mereka dan berbagai macam bentuk ketidakadilan lain. Sebagai contoh banyak sarana publik, kantor pemerintahan, pusat pembelanjaan, sekolah, kampus, tempat-tempat ibadah masih belum ramah difabel.

Kepedulian terhadap disabilitas jangan kemudian diartikan sebagai bentuk mengkasihani mereka dikarenakan kondisi fisik mereka. Kepedulian terhadap mereka dapat diwujudkan dengan cara berjuang bersama mereka agar mendapat hak yang sama, menjalankan keseharian dengan mudah dan berkesempatan yang sama dalam pendidikan, fasilitas kesehatan, dan bermasyarakat.