Kelurahan Suryodiningratan mengadakan Sosialisasi Pembangunan BIOPORI Jumbo

Suryodiningratan - Kelurahan Suryodingratan menggelar acara Sosialisasi Pembangunan Biopori Jumbo, Kamis (3/11/2022) bertempat di aula Kelurahan Suryodiningratan. Acara ini dibuka langsung oleh Riyan Wulandari, selaku Lurah Suryodiningratan. Adapun sebagai narasumber dalam sosialisasi ini  yaitu  Bambang Purambono,  Lurah Mantrijeron, konsultan perencana, dan konsultan pelaksana yang akan melaksanakan pekerjaan pembangunan Biopori Jumbo tersebut.

Sebagai narasumber, Bambang Purambono menjelaskan bahwa ada beberapa manfaat  sumur resapan biopori bagi lingkungan, diantaranya adalah sebagai pengurangan sampah organik, penyuburan tanah, pencegahan banjir dan penyeimbang kadar air dalam tanah. Sumur resapan biopori merupakan lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah.

Fungsi dari lubang biopori ini adalah untuk menimbun limbah organik. Pengisian lubang bipori dengan sampah organik ini bertujuan untuk memberi makan makhluk hidup yang ada di tanah. Misalnya cacing, hewan kecil di dalam tanah, bahkan juga akar tumbuhan. Jadi, selain bisa menjadi sarana pembuangan sampah organik, lubang biopori ini juga sebagai tempat penyimpan makanan bagi makhluk hidu. " ungkapnya.