SIMULASI PENANGGULANGAN BENCANA KEBAKARAN DI KAMPUNG KUMENDAMAN

Suryodiningratan - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Kelurahan Suryodiningratan menyelenggarakan simulasi penanggulangan bencana kebakaran pada hari Minggu (20/11/22) di Kampung Kumendaman Kelurahan Suryodiningratan. Kegiatan simulasi ini sebelumnya didahului dengan pelatihan gladi resik pada hari Sabtu (19/11/22) sehari sebelum simulasi dilaksanakan.

Tujuan dari simulasi ini diharapkan semua elemen/unsur masyarakat di Kelurahan Suryodiningratan khususnya Kampung Kumendaman mampu berperan melakukan pencegahan dan menanggulangi kebakaran dengan cepat, penanganan awal akan sangat membantu mengurangi kerugian karena kebakaran apalagi dilakukan oleh warga masyarakat yang berada di lokasi, mengingat petugas pemadam kebakaran akan membutuhkan waktu untuk mencapai lokasi kebakaran. Dengan adanya sistem proteksi kebakaran yang baik dan warga masyarakat yang memiliki kemampuan penanggulangan kebakaran, diharapkan Kampung Kumendaman juga lebih dapat dipercaya karena mampu memberikan perlindungan di lingkungannya.

Dalam pelaksanaan simulasi kebakaran ini dihadiri oleh Sigit Wicaksono Anggota Komisi C DPRD Kota Yogyakarta, jajaran pejabat instansi antara lain Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta, Perwakilan dari Dinas Perhubungan, Kapolsek dan Koramil Kemantren Mantrijeron, Mantri Pamong Praja Kemantren Mantrijeron, Lurah Suryodiningratan, LPMK, Satpol PP, Satlinmas, PSC 119, TRC BPBD Kota Yogyakarta, Redkar Kemantren dan Kelurahan, tokoh masyarakat dan relawan serta warga di Kampung Kumendaman.

Anggota Komisi C Sigit Wicaksono, menyampaikan sambutan bahwa simulasi penanggulangan bencana kebakaran ini tidak semua wilayah mendapatkan kegiatan seperti ini beliau berharap kepada warga Kampung Kumendaman dapat menggunakan kesempatan simulasi ini dengan sebaik-baiknya agar bisa mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam penanggulangan bencana kebakaran di wilayahnya.

Kepala Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta, Octo Noor Arafat saat memimpin apel pelaksanaan simulasi mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Kelurahan Suryodingratan yang telah bersedia memberikan kesempatan untuk menyelenggarakan kegiatan simulasi kebakaran ini dan beliau berharap dengan adanya simulasi ini dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam penanggulangan bahaya kebakaran. Semakin sigap tindakan masyarakat dalam menghadapi bahaya kebakaran yang didukung atas pengetahuan dan ketrampilan dari simulasi penanggulangan kebakaran ini sehingga dengan begitu kebakaran dapat ditanggulangi dengan lebih baik dan lebih cepat.

Lurah Suryodiningratan, Riyan Wulandari dalam kesempatan itu memberikan sambutan dan mengapresiasi serta menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta dan seluruh instansi yang terlibat dalam kegiatan simulasi penanggulangan bencana kebakaran ini serta kepada relawan redkar, tokoh masyarakat dari tingkat RT, RW warga Kampung  Kumendaman.