Kelurahan Suryodiningratan Menyelenggarakan Musrenbang Tahun 2023

Suryodiningratan - Kelurahan Suryodiningratan menyelenggarakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan (Musrenbangkel) Tahun 2023 untuk usulan tahun 2024 yang dilaksanakan pada Jumat (20/01/2023), bertempat  Burza Hotel, Jl. Jogokarian No. 61-63 Mantrijeron, Kota Yogyakarta. 

Musrenbangkel tahun ini masih dilaksanakan dengan 2 (dua) metode yaitu dengan sistem tatap muka langsung atau luring antara peserta Musrenbang dengan narasumber di Burza Hotel dengan dihadiri oleh 50 (lima puluh) peserta yang terdiri dari unsur kelurahan, LPMK, Babinsa, Bhabinkamtibms dan perwakilan kampung serta kelembagaan di tingkat kelurahan, dan melalui sistem daring dengan aplikasi Zoom Meeting yang diikuti oleh perwakilan OPD teknis serta Ketua RT, RW.

Bahwa dalam musrenbang dilakukan penyelarasan program kegiatan yang telah diusulkan oleh warga maupun lembaga dengan mengacu dokumen Mastreplan Kewilayahan atau dokumen perencanaan pembangunan yang telah disusun per kampung, dengan memperhatikan kewenangan kemantren, mendasarkan pada permasalahan yang dihadapi serta menangkap potensi pengembangan Sumbu Filosofi sebagai warisan dunia. Disamping itu masalah pengelolaan sampah juga menjadi tema pokok dalam melaksanakan Gerakan Zero Sampah Anorganik (GZSA).

Musrenbangkel di buka oleh Saptohadi selaku Mantri Anom Mantrijeron, dalam sambutannya Saptohadi menyampaikan bahwa setiap program yang diusulkan dan disusun harus bisa menyelesaikan masalah dan persoalan di masyarakat baik di  bidang fisik, maupun  sosial, ekonomi dan budaya. Usulan program kegiatan dan anggaran dalam Musrenbangkel agar memperhatikan skala prioritas yang menjadi tolok ukur untuk mencapai tujuan. Semua program yang disusun harus menunjang dan melanjutkan program yg telah ada di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Yogyakarta, sehingga pembangunan di wilayah akan membawa dampak perubahan yang kelihatan.

Sementara itu, Wakil dari Tim Perumus Musrenbangkel, Ibnu Waroyo selaku narasumber lebih banyak memaparkan hasil Rekapitulasi Prioritas Usulan Kegiatan Kelurahan Suryodiningratan, yang terbagi dalam usulan utama, usulan pendukung, Usulan Operasional, dan Usulan Kegiatan Keistimewaan untuk Tahun 2025. Setelah pemaparan dari narasumber dilakukan acara sesi diskusi atau tanggapan baik oleh peserta musrenbangkel dari dalam ruangan hotel maupun melalui zoom meeting. 

Di akhir musrenbangkel, Riyan Wulandari Lurah Suryodiningratan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan Musrenbangkel tahun 2023 ini dimana kegiatan Musrenbangkel ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Pra Musrenbang yang beberapa kali telah dilaksanakan dengan penyusunan perencanaan di tingkat kampung dan kelembagaan. Riyan berharap dengan kegiatan Musrenbang ini mampu menampung dan merealisasikan usulan program dan kegiatan dari masyarakat, mulai dari pekerjaan fisik wilayah sampai dengan pemberdayaan masyarakat di wilayah Kelurahan Suryodiningratan.

Acara Musrenbang Kelurahan Suryodiningratan ditutup dengan penandatanganan berita acara yang dilakukan oleh para nara sumber, serta perwakilan Kampung, RW, TP PKK dan Pengurus LPMK yang ada di Kelurahan Suryodiningratan.