Cegah Stunting Sejak Dini Wujudkan Pertumbuhan Normal Anak

Suryodiningratan, Kota Jogja - Kegiatan penyuluhan ibu dan anak yang diselenggarakan oleh Kelurahan Suryodiningratan, Sabtu (4/02/2023) bertemakan "Cegah Stunting Sejak Dini" bertujuan untuk mewujudkan kepedulian pemerintah dalam menangani masalah penurunan stunting terhadap anak sehingga anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global.

Kegiatan penyuluhan ini dibuka oleh Lurah Suryodiningratan, Riyan Wulandari dan sekaligus memberikan sambutan dan ucapan terima kepada narasumber dan warga atas partisipasinya yang telah mengikuti kegiatan ini. Riyan menyampaikan informasi bahwa kasus stunting di wilayahnya masih ada dan perlu upaya pencegahan dan penanganan serius seperti perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih.

Sebagai narasumber kali ini adalah seorang dokter spesialis anak yang kompeten dan peduli terhadap permasalahan stunting yaitu Anastasia Ratnaningsih yang kesehariannya bekerja di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. 

Dalam paparannya, Anastasia menjelaskan tentang "Mengapa stunting menjadi perhatian" dan disampaikan juga bahwa sebagai dampak dari stunting adalah menggerus/ mengurangi kemampuan dan kecerdaan yang menyebabkan masalah Kesehatan di masa anak dan di masa dewasa.

3 (tiga) pencegahan dan penanganan stunting adalah Cegah stunting (Preventif primer), Cegah PTM (Preventif secunder) dan Cegah Mortalitas (Preventif tersier).