Kelurahan Suryodiningratan Launching 9 Pilot Project

Suryodiningratan - Kelurahan Suryodiningratan menyelenggarakan Launching 9 Pilot Project dengan program Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana Peduli Stunting dan Puspen Genset pada Minggu (26/02/2023). Dalam kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari TP PKK Kota Yogyakarta, Kemantren Mantrijeron, Puskesmas, Kelurahan Suryodiningratan,  LPMK, Babhinkamtibmas ,TP PKK Kelurahana Suryodiningratan dan Semua Pokja PKK serta lembaga di lingkungan Kelurahan Suryodiningratan.

Dalam kesempatan itu Perwakilan dari Pokja 4 TP PKK Kota Yogyakarta, Tugirah mengapresiasi Kelurahan Suryodiningratan yang telah membentuk 9 Pilot Project dan berharap kegiatan ini berjalan dengan baik sehingga bisa menurunkan/mencegah stunting di Kelurahan Suryodiningratan.

Ketua TP PKK Kelurahan Suryodiningratan, Rusmi Widyaningrum dalam sambutannya mengatakan kegiatan 9 Pilot project ini merupakan program unggulan TP-PKK di bidang kesehatan yang bertujuan untuk menggerakkan dan mengedukasi masyarakat dalam mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat dengan kualitas lingkungan yang baik serta perencanaan yang bagusKegiatan 9 Pilot project ini merupakan program unggulan TP-PKK bidang kesehatan yang bertujuan untuk menggerakkan dan mengedukasi masyarakat dalam mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat dengan kualitas lingkungan yang baik serta  perencanaan yang bagus.

Program kerja yang sudah dan akan dilakukan dari dalam rangka pencegahan maupun penanggulangan stunting diantaranya antara lain:

  1. Membentuk Tim 9 Pilot Project Keluarga sehat tanggap dan tanggung bencana peduli stunting yang akan di resmikan oleh Lurah Kelurahan Suryodiningratan.
  2. Melakukan Roadshow ke semua Posyandu untuk mengetahui permasalahan yang ada di Posyandu terkait tumbuh kembang bayi dan balita
  3. Melakukan edukasi kepada remaja putri dan para ibu yang memiliki bayi, baduta maupun balita terkait stunting dan B2SA
  4. Melakukan surveilans terhadap permasalahan yang ada di Posyandu
  5. Melakukan pendampingan terhadap keluarga yang bermasalah terkait stunting di PUSPEN GENSET (Pusat Pendampingan Generasi Sehat) Bekerjasama dengan Sigrak dan Puskesmas Mantrijeron

Program ini  tidak akan terlaksana dengan baik apabila tidak ada keterlibatan  para kader PKK, Tokoh Masyarakat, maupun stakeholder yang ada  di Tingkat Kelurahan, Kemantren maupun Kota Yogyakarta.

Diharapkan Program 9 Pilot Project ini dapat berjalan sesuai rencana  dan  berkelanjutan sehingga dapat terwujud Generasi Sehat bebas Stunting di semua  keluarga di Kelurahan Suryodiningratan.