Kelurahan Suryodiningratan Gelar Festival Dolanan Anak Tradisional Tahun 2024

SURYODININGRATAN (14/07/2024) - Permainan tradisional sejak dahulu sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, disebut tradisional sebab pemainan ini hanya menggunakan peralatan dan bahan permainan yang sederhana juga mudah didapat. Seiring berkembangnya waktu, eksistensi dari permainan tradisional ini mulai kehilangan peminat dan semakin lama hilang dari pusaran penggunaanya karena perkembangan permainan modern yang semakin kreatif dan begitu cepat penyebarannya menjadikan cukup banyak permainan yang lebih menarik dibandingkan dengan permainan tradisional. Namun, di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan popularitas permainan modern, permainan tradisional tetap memiliki tempat istimewa dalam mempertahankan identitas budaya dan membawa nostalgia akan masa lalu.

Kelurahan Suryodiningratan (14/07) mengadakan berbagai kegiatan terkait dengan permainan tradisional pada "Festival Dolanan Anak Tradisional Kelurahan Suryodiningratan Tahun 2024". Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Minggiran, Kelurahan Suryodiningratan dan diikuti oleh peserta anak-anak dari 4 kampung wilayah Kelurahan Suryodiningratan yaitu Suryodiningratan, Minggiran, Kumendaman dan Pugeran. Kegiatan ini terdiri dari berbagai penampilan tari dan permainan tradisional anak anak, dan lain-lain.

Dalam sambutannya Lurah Suryodiningratan menyampaikan bahwa Festival Dolanan Anak Tradisional ini  sebagai upaya pelestarian dan pengembangan berbagai jenis permainan tradisional anak. Dengan adanya Festival ini, Subiyana menjelaskan semakin banyak anak didik tertarik kesenian tradsional dan mempertahankan dolanan ditengah era modernisasi. Kegiatan ini berjalan lancar diikuti antusias para peserta.