Monitoring dan Evaluasi Program Pengentasan Kemiskinan Kelurahan Suryodiningratan

SURYODININGRATAN (16/10/2024) - Berbagai kebijakan dan program pembangunan sosial dan sektor, telah dilakukan oleh pemerintah sebagai upaya untuk mensejahterakan masyarakat guna menanggulangi atau mengurangi angka kemiskinan. Maksud baik pemerintah untuk mengatasi dan mengurangi jumlah masyarakat miskin setelah krisis ekonomi, masih tetap konsisten. Hal ini dapat dibuktikan dari berbagai kebijakan dan program yang dilaksanakan untuk mengatasi dampak krisis ekonomi bagi masyarakat di perkotaan maupun di pedesaan, serta program-program pemberdayaan masyarakat miskin lainnya. Program penanggulangan kemiskinan pada dasarnya bertujuan untuk mempercepat pengurangan jumlah penduduk miskin di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia - termasuk di kota Yogyakarta. Secara garis besar, cakupan program penanggulangan kemiskinan yang diharapkan dikembangkan di berbagai wilayah adalah: Pertama, pemberdayaan dan pengembangan kemampuan manusia yang berkaitan dengan aspek pendidikan, kesehatan, dan perbaikan kebutuhan dasar tertentu lainnya. Kedua, pemberdayaan dan pengembangan kemampuan manusia berkaitan dengan perbaikan aspek lingkungan, permukiman, perumahan, dan prasarana pendukungnya. Ketiga, pemberdayaan dan pengembangan kemampuan manusia yang berkaitan dengan aspek usaha, lapangan kerja, dan lain-lain yang dapat meningkatkan pendapatan. Oleh karena itu, Kelurahan Suryodiningratan mengadakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program Pengentasan Kemiskinan" bertempat di Aula Kelurahan Suryodiningratan sekaligus perpustakaan Suryo Pustaka pada Rabu (09/10/2024). Hadir dalam kegiatan tersebut bapak Subiyana lurah Suryodiningratan beserta perangkat, perwakilan LPMK dan Bapak Nurbuwono selaku narasumber. 

Adapun tujuan Monitoring dan Evaluasi Program Pengentasan Kemiskinan di kelurahan Suryodiningratan adalah: (1) Melakukan evaluasi terhadap capaian program pemberdayaan kelompok masyarakat miskin yang selama ini telah dilakukan, khususnya program-program: Upaya pengembangan kegiatan produktif keluarga miskin; Pengembangan diversifikasi usaha keluarga miskin; dan, Perluasan kesempatan kerja bagi keluarga miskin. (2) Melakukan monitoring, apakah program Melakukan monitoring, apakah program pengentasan kemiskinan di kota Yogyakarta telah tepat pada kelompok sasaran, khususnya pada pelaksanaan program-program tersebut di atas. (3) Mengetahui keefektifan dan efisiensi pelaksanaan program pengentasan kemiskinan, khususnya program pemberdayaan kelompok masyarakat miskin.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi program pengentasan kemiskinan ini berjalan dengan lancar dengan jumlah peserta 35 orang.